November 12, 2019

Buka Puasa Ala Nabiullah Muhammad SAW

Talombonews.com — Salah satu saat yang paling ditunggu-tunggu oleh ummat islam yang sedang menjalankan ibadah puasa adalah buka puasa. Bahkan dalam hadis Muttafaq Alaih berbunyi:

“Orang yang berpuasa memperoleh dua kebahagiaan; kebahagiaan ketika berbuka puasa dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabbnya.”

Rasa bahagiah yang dirasakan oleh orang yang berbuka puasa muncul karena pada saat berbuka puasa ia merasa telah berhasil menjalankan salah satu ibadah yang sangat tinggi nilai pahalanya di mata Allah SWT. Selain itu, dengan berbuka puasa maka rasa lapar dan dahaganya langsung  hilang. Hal ini tercermin dalam salah satu doa buka puasa yang diriwayatkan Abu Daud:2357 yang artinya sebagai berikut:

“Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah dan telah diraih pahala, Insya Allah.”

Kebahagian berbuka puasa tentu akan semakin lengkap rasanya kalau mengikuti cara atau metode buka puasa junjungan kita Nabiullah Muhammad SAW. Salah satu caranya adalah dengan menyegerakan buka puasa. Dalam riwayat At-Tirmidzi dari hadis Abu Hurairah dari Nabi Muhammad SAW beliau bersabda:

“Allah berfirman: Hamba yang paling aku cintai adalah yang menyegerakan berbuka puasa.”

Selain menyegarakan berbuka puasa, Rasululullah Muhammad juga lebih mengutamakan berbuka puasa dengan kurma basah (ruthab). Jika tak ada kurma basah maka beliau akan berbuka dengan kurma kering (tamar). Jika tak ada kurma baik yang basah maupun yang kering maka beliau berbuka dengan minum air putih.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Jika salah seorang diantara kalian berpuasa, hendaklah ia berbuka dengan kurma; jika ia tidak memiliki kurma maka minumlah air karena itu membersihkan.” (Abu Dawud:2355).

Setelah berbuka puasa dengan kurma atau air putih, Nabiullah Muhammad tidak langsung makan makanan berat. Beliau biasaya makan malam setelah shalat isya dan tarwih. Itupun juga kalau beliau ingin makan malam. Talombonews.com | Abu Arib

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan