Oktober 16, 2019

Unik, Upacara HUT Ke-17 Kota Baubau Pakai Bahasa Wolio

TALOMBONEWS.COM | BAUBAU — Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 Kota Baubau sebagai daerah otonom dan hari jadi Baubau ke-477 tanggal 17 Oktober 2018 benar-benar unik dan menarik. Betapa tidak, upacara peringatan HUT kota Baubau kali ini menggunakan bahasa daerah Wolio. Bahasa Wolio merupakan bahasa resmi kerajaan / kesultanan Buton ratusan tahun lalu.

Selain menggunakan bahasa daerah Wolio, para peserta dan pelaksana upacara juga mengenakan pakaian khas daerah Wolio kota Baubau. Termasuk Walikota Baubau, Dr.AS Tamrin, MH yang memimpin langsung upacara detik-detik HUT kota Baubau juga mengenakan pakaian adat khas Wolio.

Walikota Baubau, Dr. AS Tamrin, MH dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat dan ASN dalam lingkup kota Baubau menjadikan peringatan HUT kota Baubau sebagai momentum untuk mempererat kembali persatuan dan kesatuan demi mengakselerasi pembangunan kota Baubau.

Pada kesempatan itu, Dr AS Tamrin juga sempat menyinggung soal soal visi dan missi Tampil Manis dalam mewujudkan kota Baubau sebagai kota yang maju, sejahtera dan berbudaya melalui 4 (empat) pilar pembangunan yaitu pembangunan infrastruktur, pembangunan SDM, pembangunan ekonomi dan pembangunan budaya.

Informasi yang diperoleh dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informaika kota Baubau, H Idrus Taufik Saidi, S.Kom menyebutkan bahwa upacara peringatan HUT Kota Baubau tahun 2018 sengaja mengusung tema budaya sebagai wujud implementasi salah satu pilar pembangunan pemerintahan Dr AS Tamrin – La Ode Ahmad Monianse yaitu pembangunan budaya.

Puncak peringatan HUT Kota Baubau ini dipusatkan di Pelataran Utama Kantor Waliota Baubau, Rabu pagi (17/10/2018) dan dihadiri oleh para Bupati dalam lingkup Buton Raya, Ketua DPRD Kota Baubau, Kamil Adi Karim, Dandim 1413 Buton, Letkol Davi Darma Putra, Kapolres Baubau, AKBP Daniel Widya Mucharam, S.IK dan sejumlah tamu dari luar kota Baubau seperti; pejabat kementrian keuangan RI, utusan kta Makassar, Ambon dll. Talombonews.com | Arib Maulana

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan