Februari 29, 2020

Kanturu Wolio Sedot Perhatian Plt Gubernur Sultra

TALOMBONEWS.COM | KENDARI – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs.H Teguh Setyabudi, M.Pd memberikan perhatian khusus pada berbagai produk kerajinan berbahan kuningan asal kota Baubau yang dipamerkan stand kota Baubau di Ajang Halo Ekspo 2018 yang dipusatkan di Pelataran Tugu Persatuan Eks MTQ Kendari, Senin malam (23/4/2018).

Salah satu produk industri kerajinan berbahan kuningan asal kota Baubau yang sempat menyedot perhatian Plt Gubernur Sultra adalah Kanturu Wolio atau Lampu Khas Wolio. Lampu khas Wolio yang terbuat dari bahn dasar kuningan ini sering digunakan di acara-acara khusus dalam tradisi kebudayaan Buton khususnya di kalangan orang Wolio di kota Baubau.

Selain itu, Plt Gubernur Sultra juga tampak mengamati produk-produk industri kerajinan kuningan seperti Bosu Riti, Gong, Dengu-Dengu, dan berbagai jenis teko yang terbuat dari kuningan.

Plt. Gubernur Sultra, Teguh Setya Budi bahkan sempat mengajukan sejumlah pertanyaan kepada plt. Walikota Baubau, Dr.Ir. Hado Hasina terkait industry kuningan di kota Baubau.

Mendapat pertanyaan seperti itu, Hado Hasina langsung memaparkan perkembangan industry kuningan yang sudah ada sejak puluhan atau bahkan ratusan tahun lalu di kota Baubau yang merupakan warisan budaya industry kuningan kesultanan Buton.

Ekspo Halo Sultra 2018, Kota Baubau

Stand Pameran Kota Baubau di Ajang Expo Halo Sultra 2018 yang berlangsung di Kendari, Senin (23/4/2018) | Talombonews.com | Foto: Pemkot Baubau

Selain produk kerajinan kuningan, stand pameran kota Baubau juga menampilkan berbagai produk kerajian tangan lainnya termasuk produk tenun khas kota Baubau.

Bukan itu saja, dinding stand pameran kota Baubau juga dihiasi dengan sejumlah foto dokumentasi sejarah kepemimpinan kota Baubau sejak berstatus sebagai Kota Administratif hingga berstatus sebagai kota Otonom.

Informasi yang diperoleh dari Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Kota Baubau, H Idrus Taufik Saidi, S.Kom, M.Si menyebutkan bahwa kontingen kota Baubau akan mengikuti secara penuh selama sepekan pelaksanaan Halo Ekspo Sultra 2018.

Di ajang Halo Ekspo Sultra 2018 ini, kontingen kota Baubau akan ikut ambil bagian dalam berbagai lomba antara lain; Lomba Fotografi Nasional, Seni Budaya, Expo dan Pemilihan Putrautri Pariwsata Sultra 2018.

Khusus di ajang Karnaval kata Taufik Saidi, kontingen kota Baubau tampil dengan busana tenunan daerah khas Buton dengan ikon nenas sebagai symbol utama kota Baubau.

Acara Halo Ekspo Sultra 2018 merupakan ajang tahunan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-54 provinsi Sultra yang sudah berlangsung selama 11 tahun. Kegiatan ini diikuti oleh 17 Kabupaten / Kota yang ada di Sultra dan sudah masuk agenda Wobderful Indonesia. TALOMBONEWS.COM | DAENG TALOMBO

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan