Agustus 9, 2020

Forkopimda Baubau Duduk Bersama Bahas Situasi Kamtibmas

TALOMBONEWS.COM | BAUBAU – Menyusul terjadinya beberapa gangguan kamtibmas di kota Baubau akhir-akhir ini, Forum Komunikasi Pimpinan daerah (Forkopimda) kota Baubau duduk bersama menggelar Rapat Koordinasi untuk membahas situasi kamtibmas di wilayah kota Baubau yang berlangsung di Rujab Walikota Baubau, Jumat malam (30/3/2018).

Informasi yang diperoleh dari Kapolres Baubau, AKBP Daniel Widya Mucharram, S.IK, MPA menyebutkan bahwa Rapat Koordinasi ini juga melibatkan tokoh masyarakat yang wilayahnya terkena dampak pertikaian, para Kabid, Camat, Lurah dan para Ketua RT/RW dalam lingkup kota Baubau.

Pada kesempatan itu, Kapolres Baubau juga menegaskan bahwa pihaknya tetap menegakkan hukum sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya memastikan bahwa hukum ditegakkan sesuai dengan perundang-undangan. Mengenai foto yang diserahkan oleh masyarakat kepada saya yang dicurigai sebagai pelaku maka jika terbukti saya pasti proses sesuai hukum yang berlaku,” Ujar Kapolres Baubau.

Untuk menjaga situasi kamtibmas tetap terjaga, Kapolres Baubau mengaku telah memerintahkan anggotanya untuk meningkatkan giat patroli malam di wilayah-wilayah yang dianggap rawan terjadinya gangguan kamtibmas.

“Kami setiap malamnya melakukan Pamsuakarsa bersama dandim 1413 Buton,” Tambah Kapolres Baubau.

Kapolres Baubau memohon bantuan dan kerjasama dari semua kalangan termasuk para tokoh masyarakat untuk berperan aktif dalam menyerukan dan melakukan tindakan preventif terhadap berbagai tindakan yang berpotensi mengganggu situasi kamtibmas.

“Mohon beri kesematan kepada kami pihak kepolisian untuk mencari dan memproses pelaku sesuai hokum yang berlaku,” kata Kapolres Baubau.

AKBP Daniel Widya Mucharram mengaku pihaknya sudah mengamankan 5 (lima) orang dan kini dalam proses pengembangan.

Kapolres Baubau menegaskan bahwa salah satu pemicu utama gangguan Kamtibmas di kota Baubau adalah minuman beralkohol atau minuman keras (Miras).

Hal ini juga diakui oleh Plt. Walikota Baubau, Dr. Ir. Hado Hasina, MT. Untuk itu Hado Hasina menghimbau warga masyarakat ikut mengawasi peredaran miras khususnya yang tidak memiliki izin.

Selain itu, hado Hasina juga menghimbau para orang tua untuk melarang anak-anaknya terutama yang di bawah umur keluyuran dan nongkrong tanpa tujuan hingga larut malam.

Semenetara itu, Dandim 1413 Buton, Letkol Inf. Davy Darma Putra menegaskan bahwa TNI siap memback-up Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dandim 1413 Buton ini juga meengharapkan agar mengaktifkan kembali Siskamling di setiap Kelurahan yang ada di wilayah kota Baubau.

“Kami dari TNI juga menggiatkan Patroli Garnisum (Gabungan Patroli TNI dan Polri) dalam meminimalisir segala bentuk gangguan kamtibmas di wilayah kota Baubau.”Ujar Letkol Inf. Davy Darma Putra. TALOMBONEWS.COM | ARIB MAULANA

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan