November 12, 2019

Obesitas

Oleh : Prof. Ven Hadju

Bapak itu memandang saya. Dia belum bisa menerima bahwa berat badannya yang 80kg menjadi penyebab penyakitnya. Saya kembali mempertegas bahwa kalau dia mau sembuh dari penyakit hipertensi yang dideritanya maka dia harus mengurangi berat badannya. Umumnya pasien hanya mau minum obat saja. Padahal para pakar sudah sepakat bahwa penurunan 5 -10 persen dari berat badan akan memberikan efek positif. Bahkan sebagian pasien hipertensi sembuh total setelah melakukan pengurangan berat badan.

Penyakit hipertensi diderita oleh seperdua penduduk yang berusia di atas 50 tahun. Salah satu pemicunya adalah obesitas. Yang paling sulit adalah meyakinkan pasien bahwa penurunan berat badan merupakan solusi dari pengobatan penyakit ini. Pasien yg cerdas pasti tidak ingin mengkonsumsi obat terus menerus sampai wafat. Obat tetap racun yg harus dihindari kecuali kalau terpaksa.

Allah telah memberikan berbagai aturan untuk mengontrol berat badan. Ada larangan makan berlebihan. Ada juga perintah Rasulullah utk mengisi perut dengan sepertiga makanan, sepertiga minuman, dan sisanya adalah udara. Makan harus dikunyah dengan baik, halal, dan jg berasal dari sumber halal. Apalagi ada anjuran utk puasa sunnah yang bisa kita lakukan dua kali sepekan.

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Yaa banii aadama khudzuu ziinatakum ‘indakulli masjid, wakuluu wasyrabuu walaa tusrifuu. Innahuu laa yuhibbul musrifiin (QS Al-A’raaf 7:31). Artinya: Wahai anak cucu Adam. Pakailah pakaianmu yg bagus pada setiap memasuki mesjid, makan dan minumlah tetapi jangan berlebihan. Sungguh Allah tidak menyukai orang yg berlebih-lebihan.

Penulis Adalah Guru Besar Fakultas Kesehatan Makassar Unoversitas Hasanuddin

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan