Agustus 5, 2020

Ketua DPR Minta Kaji Ulang Kebijakan Pemberian Izin Perguruan Tinggi Asing

TALOMBONEWS.COM  | JAKARTA — Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) mengkaji ulang rencana pemerintah mengizinkan perguruan tinggi asing (PTA) beroperasi di Indonesia.

Bambang menilai kebijakan tersebut dikhawatirkan akan mengancam keberadaan perguruan tinggi nasional.

“Kalau Kementerian Pendidikan tiba-tiba memberi izin perguruan tinggi asing untuk beroperasi di Indonesia, saya khawatir ini akan mengancam keberadaan PT nasional, termasuk swasta. Makanya kami minta Pak Menteri mengkaji ulang kebijakan tersebut,” ungkap Bamsoet sapaan akrabnya di Gedung Nusantra III DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (31/1/2018) sebagaimana dikutip dari laman resmi DPR RI.

Bambang mengaku, pihaknya bisa memahami maksud pemerintah mengizinkan PTA di Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Namun, Bambang mengingatkan kepada Kemenristekdikti agar dapat memastikan bahwa rencana tersebut tidak akan mematikan perguruan tinggi nasional yang ada saat ini, khususnya swasta.

“Kami berharap kebijakan ini tidak mematikan perguruan tinggi yang sudah ada, justru tugas menteri seharusnya meningkatkan kualitas PT yang ada di tanah air. Jika untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional, kan bisa dengan kerja sama antar lembaga pendidikan asing. Misalnya dengan pertukaran dosen, pengajar atau profesor PT dunia,” Ujar Bambang. TALOMBONEWS.COM | WARTA

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan