Oktober 16, 2019

Haji Yusran Fahim, Bakal Calon Walikota Terkaya di Baubau

TALOMBONEWS.COM | BAUBAU — Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh Bakal Pasangan calon Pemilihan Walikota dan wakil Walikota Baubau 2018-2023 adalah melaporkan kekayaan pribadi kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Nomor 15 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilhan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil walikota.

Pasal 4 ayat 1 poin k peraturan KPU No.15 tahun 2017 berbunyi sebagai berikut:
(1) Warga negara Indonesia dapat menjadi Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut:
(k): menyerahkan daftar kekeyaan pribadi.

Daftar harta kekayaan pribadi para Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota tersebut diserahkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam bentuk Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara atau LHKPN.

Berdasarkan data LHKPN Calon Walikota dan Wakil Walikota Baubau 2018 dilansir oleh  KPK terungkap bahwa dari 6 (enam) bakal pasangan calon yang sudah mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Baubau 2018 yang paling kaya adalah pasangan H Yusran Fahim (HYF) dan Ahmad Arfah . Tak tangung-tanggung, pasangan ini memiliki total harta kekayaan pribadi  sebesar  Rp. 79,5 Milyar.

Kekayaan pribadi HYF sendiri menurut data LHKPN KPK tersebut mencapai Rp. 75,2 Milyar. Ini sekaligus menobatkan H Yusran Fahim sebagai calon walikota Baubau 2018 yang paling kaya. Sementara harta kekayaan wakilnya, Ahmad Arfah (AA) mencapai Rp. 4.3 Milyar.

Sementara Bakal Calon Walikota Baubau 2018 yang  paling miskin adalah Nursalam. Nursalam hanya memiliki kekayaan pribadi sebesar 5 Juta Rupiah saja. Kekayaan pribadi pria yang yang populer dengan nama Roger Samiun ini jauh lebih kecil dibanding wakilnya, Nurman Dani yang memiliki kekayaan pribadi sebesar 2 Milyar Rupiah.

Lantas, berapa kekayaan pribadi Calon Walikota Petahana, AS Tamrin ?
Calon walikota petahana Baubau ini ternyata memiliki kekayaan pribadi sebesar Rp. 9,3 Milyar. Sementara wakilnya, La Ode Ahmad Monianse hanya memiliki kekayaan pribadi sebesar Rp. 352 Juta saja.

Tak jauh berbeda dengan kekayaan AS Tamrin, kekayaan pribadi calon walikota yang kini menjabat sebagai Wakil Walikota Baubau Hj Wa Ode Maasra Manarfa mencapai Rp. 8 Milyar. Sementara wakilnya, Ikhsan Ismail hingga kini belum tersedia datanya di eLHKPN KPK.

Selain Ikhsan Ismail, laporan harta kekayaan calon walikota dan wakil walikota Baubau 2018 yang juga belum tersedia di eLHKPN KPK adalah pasangan Ibrahim Marsela dan AKBP Ilyas.

Adapun harta kekayaan calon walikota Baubau, Roslina Rahim mencapai Rp. 1,9 Milyar. sementara harta kekayaan Wakilnya, La Ode Yasin mencapai Rp. 872 Juta.

KPK masih memberi kesempatan kepada Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota untuk menyerahkan LHKPN-nya hingga 20 Januari 2018.

Bagi bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Baubau yang telah menyerahkan LHKPN namun belum terdaftar namanya di dalam daftar LHKPN yang dikeluarkan oleh KPK tersebut maka segera menghubungi Direktorat Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN melalui nomor tlp (021)25578396 atau email; infopilkada.lhkpn@kpk.g.id TALOMBONEWS.COM | DAENG TALOMBO

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan