November 12, 2019

Merajut Keberagaman Lewat Happening Art di Kotamara Baubau

TALOMBONEWS | BAUBAU – Kota Baubau merupakan salah satu kota kecil yang terletak di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Dulu, kota ini menjadi pusat peradaban salah satu kerajaan nusantara yaitu kerajaan Buton.

Berkat letaknya yang strategis sebagai daerah pelabuhan transito dari wilayah timur ke wilayah barat Indonesia atau sebaliknya maka tak heran jika daerah ini menjadi salah satu pusat pertemuan antar orang dari berbagai latarbelakang suku dan budaya yang berbeda dari seantero nusantara atau bahkan dunia.

Jejak-jejak keberagaman suku dan budaya tersebut hingga kini masih terlihat dalam  kehidupan sosial budaya sehari-hari warga kota Baubaub dan sekitarnya. Jadi jangan heran, jika suatu saat berkunjung ke kota Baubau anda akan bertemu dengan orang dari berbagai latar belakang suku dan budaya.

Untuk merawat tatanan dan nilai-nilai keberagaman sosial dan budaya dalam kehidupan warga kota Baubau dan sekitarnya maka sekelompok pemuda di bawah arahan La Ode Abdul Ganiyu Siadi berinisiatif menyelenggarakan satu pagelaran seni budaya atau Happening Art yang bertajuk Poromu Iynda Saangu, Pogaa Iynda Koolota yang berarti Berkumpul Tapi Tak Menyatu dan Berpisah Tapi Tak Bercelah.

Salah seorang penari asal Buton sedang menampilkan tarian Linda yang dipadukan dengan Tari Ngibi yang dimainkan oleh seorang pemuda asal Bali di Kotamara Baubau, Sabtu (13/1/2018) TALOMBONEWS.COM – Dimas

La Ode Abdul Ghaniyu Siadi mengaku, tema tersebut tersebut sengaja dipilih karena merupakan filosofi dan nilai-nilai kehidupan orang Buton yang maknanya sejalan dengan semboyan bangsa Indonesia Bhineka Tunggal Ika, Berbeda-beda tetapi tetap satu.

“Pagelaran seni ini sengaja kita adakan untuk merawat dan melestarikan nilai-nilai kehidupan social budaya orang Buton yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai keberagaman. “ Ujar Pegiat Seni asal kota Baubau ini.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan