Agustus 5, 2020

Kedua Bapaslon Perseorangan Pilwali Baubau Belum Penuhi Syarat Dukungan Sah

TALOMBONEWS.COM | BAUBAU — Hasil Rapat Pleno Terbuka tentang Rekapitulasi Dukungan Bakal Pasangan Calon (BaPaslon) Perseorangan dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Baubau tahun 2018 menunjukkan bahwa kedua bakal pasangan calon yaitu pasangan Drs. H ibrahim Marsela, MM – AKBP Ilyas, S.Sos (IBM-Ilyas) dan pasangan Nursalam – Nurman Dani, SE dinyatakan belum memenuhi syarat minimal  dukungan sah yang mensyaratkan minimal  11.427 dukungan sah.

Hasil Rekapitulasi yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kota Baubau, Dian Anggraini menunjukkan bahwa setelah melalui verifikasi faktual maka total dukungan yang memenuhi syarat untuk pasangan IBM-Ilyas hanya 7.479. Sementara dukungan yang memenuhi syarat untuk pasangan Nursalam-Nurman Dani hanya 1.331 dukungan.

Meskipun belum memenuhi syarat, kedua bakal pasangan calon jalur perseorangan ini masih diberi kesempatan untuk mendaftar sebagai bakal pasangan calon pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Baubau yang mulai berlangsung tanggal 8 – 10 Januari 2018. Dengan syarat kedua bakal Paslon ini harus memenuhi 2 (dua) kali lipat kekurangan jumlah dukungan. Kekurangan jumlah dukungan tersebut sudah harus diserahkan ke KPU pada tanggal 18-20 Januari 2018.

“Jika belum memenuhi syarat minimal dukungan maka bakal paslon harus melakukan perbaikan dukungan sebanyak dua kali lipatnya dari kekurangan dukungan tersebut.” tutur Koordinator Divisi Teknis KPU Kota Baubau, La Ode Ijidman.

La Ode Ijidman menambahkan kedua bakal paslon masih diberi peluang untuk melakukan perbaikan dukungan yang sudah harus diserahkan kembali pada tanggal18-20 Januari 2018. Selain itu, mereka juga diharuskan mendaftarkan diri kembali pada anggal 8-10 Januari 2017 untuk memenuhi syarat pencalonan.

“Jadi bakal paslon perseorangan diharuskan mendaftar lagi. Dan untuk menentukan lolos atau tidaknya bakal paslon perseorangan tersebut baru diketahui setelah dilakukan verfikasi data dukungan perbaikan.” kata La Ode Ijidman.

Berdasarkan hasil rekapitulasi dukungan, Bapaslon IBM-Ilyas hanya berhasil mengumpulkan 7.479 dukungan sah. Itu artinya pasangan ini masih kekurangan 3.948 dukungan sah. Jika dikali dua maka dukungan sah yang harus dipenuhi oleh pasangan ini minimal 7.896 dukungan sah.

Sementara pasangan Nursalam-Nurman Dani hanya mampu memperoleh dukungan sah sebanyak 1.331. Itu artinya masih kurang 10.096 dari syarat dukungan minimal sebanyak 11.427. Jika dikali dua maka pasangan ini diharuskan mampu mengumpulkan dukungan sah minimal 20.192 untuk bisa ikut dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Baubau 2018. TALOMBONEWS.COM | ARIB MAULANA.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan