Januari 23, 2020

16 Kades di Buteng Dilantik di Pinggir Pantai, Ini Alasannya

TALOMBONEWS.COM | BUTENG — Bupati Kabupaten Buton Tengah (Buteng), H Samahuddin, SE punya cara tersendiri dalam melantik
para Kepala Desa (Kades) di lingkup pemerintahan Kabupaten Buton Tengah. Jika biasanya para pejabat melantik bawahannya di dalam gedung, Aula atau halaman kantor tertentu maka bupati yang akrab disapa La Ramo ini lebih memilih melantik 16 Kades-nya di pantai. Ya, tepatnya di pantai Mutiara Gumanano kecamatan Mawasangka, Buteng pada hari Jumat, (29/12/2017).

Setidaknya ada 2 (dua) pesan yang hendak disampaikan di balik pelantikan yang dilaksanakan di pantai kebanggaan masyarakat Buteng ini;

Pertama, Pantai merupakan tempat terbuka yang mudah diakses oleh publik. Dengan demikian para Kades yang dilantik diharapkan dapat melayani masyarakatnya secara terbuka dan mudah diakses oleh masyarakat alias tak dipersulit.

Kedua, pemilihan ruang terbuka seperti panati sebagai tempat pelantikan mengandung pesan bahwa penyelenggaran pemerintahan dewasa ini termasuk di desa bersifat transparan dan akuntabel. Dengan demikian para Kades yang dilantik diharapkan dapat menjalankan tugas-tugas pemerintahannya berdasarkan sistem tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel terutama dalam mengelola dan mempertanggungjawabkan dana desa yang digelentorkan oleh pemerintah pusat.

“Ingat, hati-hati dalam mengelola dan menggunakan dana desa karena yang mengawasi bukan hanya Inspektorat saja tetapi juga kepolisian dan masyarakat.” ujar Bupati Samahuddin, SE.

 

Pelantikan Kades, Pelantikan Kades di Buteng, Pelantikan Kepala Desa di Buton Tengah

Pelantikan 16 Kades di Kabupaten Buton Teengah Sultra yang berlangsung di Pantai Mutiara Gumanano kec. Mawasangka, Jumat (29/12/2017) Foto: Awal Lalibo

 

Berikut daftar 16 Kades yang dilantik Bupati Buteng di Pantai Mutiara Gumanano Mawasangka;
1. Kepala Desa Baruta Kec. Sangia Wambulu; Bakir
2. Kepala Desa Baruta Analalaki, kec. Sangia Wambulu; Saharia
3. Kepala Desa Bantea, kec. GU; La Udi
4. Kepala Desa Kolowa, kec. GU; Yasman
5. Kepala Desa Waara,kec. Lakudo; H Samsul Zinu
6. Kepala Desa Matawine, kec. Lakudo; Irwan
7. Kepala Desa Lolibu, kec. lakudo; Sahrul Asmi
8. Kepala Desa Langkomu, Kec. Mawasangka Tengah; Mardin
9. Kepala Desa Lalibo, kec. Mawasangka Tengah: Awaluddin
10. Kepala Desa Watorumbe, kec. Mawasangka Tengah: Dahlan
11. Kepala Desa Batubanawa, kec. Mawasangka Timur: Zaibudin
12. Kepala Desa Wantopi, kec.Mawasangka Timur: La Ogo
13. Kepala Desa Bungi, kec. Mawasangka Timur: Nuzula
14. Kepala Desa Oengkolalki, kec. Mawasangka: La Daheru
15. Kepala Desa Kancebungi, kec. Mawasangka: Sahiruddin; dan
16. Kepala Desa Matara, kec. Mawasangkan: Abidin.

Salah seorang Kepala Desa yang dilantik dan diambil sumpahnya, Awaludin menyampaikan terimakasih kepada Buapati Buton Tengah, Samahuddin serta seluruh masyarakat Lalibo kec. mawasangka Tengah yang telah memberinya amanh untuk memimpin desa Lalibo untuk kedua kalinya.

“Kami sadari bahwa banyak dinamika yang harus dipahami dan diselesaikan. Kalau beberapa hari yang lalu diantara kita terjadi perbedaan pendapat dan pilihan maka kami sangat berharap mulai hari ini kita harus bersatu bersama-sama berbuat membangun desa lalibo yang kita cintai” tulis Awalauddin dalam satu akun sosmed-nya.

Kades Lalibo kecamatan Mawasangka Tengah ini beharap desa yang dipimpinnya akan menjadi lebih baik dan lebih maju lagi.
TALOMBONEWS.COM | DAENG TALOMBO

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan