Januari 23, 2020

10 Jenis Makanan ini Bisa Sembuhkan Sakit Tenggorokan Anda

TALOMBONEWS.COM | Salah satu masalah kesehatan yang kita hadapi terutama di musim hujan seperti sekarang adalah sakit atau radang tenggorokan. Banyak faktor yang bisa memicu munculnya radang tenggorokan. Salah satunya disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyebabkan gejala mirip flu seperti demam dan nyeri pada tubuh. Sakit tenggorokan merupakan salah satu gejala awal yang muncul saat flu menyerang anda.

Selain infeksi bakteri, sakit atau radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh merokok, menghirup udara tercemar dan berbagai jenis alergi.

Jika terserang radang tenggorokan maka biasanya akan terasa sakit saat menelan makanan dan bisa mengganggu kenyamanan tidur anda.

Terlepas dari apapun penyebab radang tenggorokan, yang pasti kita ingin radang tenggorokan yang menggerogoti kita segera bisa teratasi. Berikuti 10 Jenis makanan yang dapat membantu mengobati radang tenggorokan seperti dikutip dari portal boldsky.com

1. Pisang
Pisang merupakan buah yang lembut dan tidak bersifat asam. Buah ini mudah ditelan terutama saat anda terserang radang tenggorokan. Buah pisang juga sangat kaya vitamin dan mineral yang dapat menyembuhkan radang tenggorokan anda.

2. Sup Ayam
Sup ayam merpakan salah satu obat yang cukup mujarab untuk mengobati radang tenggorokan. Sup ayam panas memiliki sifat anti-inflamasi atau anti peradangan ringan dan membantu mengurangi rasa mampet dengan cara membatasi masuknya  virus         yang bersentuhan langsung dengan selaput lendir. Semangkuk sup ayam memiliki daya pengobatan radang tenggorokan.

3. Madu dan Jeruk
Madu dan jeruk bila dicampur maka akan melegakan radang tenggorokan. Minum campuran madu, jeruk dan air hangat akan membantu menghilangkan radang tenggorokan serta rasa sakit yang menyertainya.

cara atasi radang tenggorokan, cara atasi sakit tenggorokan, radang tenggorokan, sakit tenggorokan

Lemon dan Madu untuk antasi sakit tenggorokan | Foto; boldsky.com

4. Telur Kocok
Telur lembut yang mudah dicerna dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit akibat radang tenggorokan. Telur kocok mudah ditelan dan mengandung asam lemak omega-6 yang dapat membantu mengatasi peradangan.

5. Jahe
Jika anda mengalami radang tenggorokan, maka salah satu senjata yang paling ampuh untuk melawannya adalah Jahe. Jahe berkhasiat membuka sinus dan membantu membersihkan lendir dari hidung an tenggorokan. Selain itu, jahe juga mengandung  unsur anti peradangan.

6. Oatmeal
Oatmeal kaya serat dan mudah larut serta dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Jika anda terserang radang tenggorokan maka buatlah semangkut oatmeal dengan menambahkan pisang dan madu pada oatmeal tersebut. Setelah mengonsumsi makanan ini maka rasa sakit tenggorokan anda akan terasa lebih reda.

7. Daun Sage
Daun sage mengandung zat antiseptik dan antibakteri. Sage merupakan tanaman herbal yang sangat ampuh untuk mengobati radang tenggorokan. Untuk menghasilkan cita rasa yang enak maka Anda dapat menambahkan daun sage ke minuman teh atau sup.

8. Sup Wortel
Alih-alih mengkonsumsi wortel mentah yang bisa melukai tenggorokan, Sup wortel sangat cocok untuk mengatasi sakit tenggorokan Anda. Alasannya, wortel mengandung nutrisi penyembuhan seperti vitamin A, Vitamin C dan Potasium.

9. Cengkeh
Cengkeh sangat efektif dalam mengobati sakit tenggorokan. Cengkeh mengandung sifat anti jamur dan anestesi yang bisa mengatasi rasa sakit atau rasa seperti tergores saat anda menelan atau mengalami radang tenggorokan.

10. Teh Chamomile
Chamomile merupakan ramuan lain yang mengurangi sakit tenggorokan karena kemampuannya sebagai obat penghilang rasa sakit alami. Teh kamomile telah terbukti efektif karena sifat anti-spasmodiknya yang membantu mengurangi batuk saat Anda menderita sakit tenggorokan. TALOMBONEWS.COM | AINUN 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan