Oktober 16, 2019

Pemerintah RI dan Vietnam Tandatangani Enam MOU

TALOMBONEWS.COM | JAKARTA — Pemerintah Indonesia dan Vietnam menandatangani 6 (enam) kesepakatan kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU). Kesepakatan tersebut ditandatangani oleh delegasi Pemerintah Vietnam dan delegasi Pemerintah Republik Indonesia saat kunjungan Sekjen Partai Republik Sosialis Vietnam Nguyen Phu Trong untuk menemui Presiden Joko Widodo, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Informasi yang dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI menyebutkan bahwa keenam MoU yang ditandatangani antara delegasi RI dan Vietnam itu adalah:

1. MoU antara pemerintah Republik Indonesia dan pemerintah Republik Sosialis Vietnam mengenai kerja sama pendidikan, ditandatangani oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy dan Wakil Perdana Menteri Menteri Luar Negeri Republik Sosialis Vietnam Pham Binh Minh.

2. MoU antara Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia dan Kementerian Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Republik Sosialis Vietnam, dalam kerja sama pembangunan pedesaan, ditandatangani oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo dan Menteri Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Republik Sosialis Vietnam Nguyen Xuan Cuong.

3. MoU antara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia dan Kementerian Industri dan Perdagangan Republik Sosialis Vietnam tentang kerja sama di bidang batubara.

4. MoU antara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia dan kementerian Industri dan Perdagangan Republik Sosialis Vietnam, tentang kerjasama di bidang pemanfaatan gas pada wilayah lintas batas landas kontinen, ditandatangani oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Ignasius Jonan dan Menteri Industri dan Perdagangan Republik Sosialis Vietnam Tran Tuan Anh.

5. MoU antara Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia dan Kementerian Kehakiman Republik Sosialis Vietnam, tentang kerja sama di bidang hukum, ditandatangi oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Menteri Kehakiman Republik Sosialis Vietnam Le Thanh Long;

6. Surat Pernyataan Kehendak untuk meningkatkan kerja sama antara Badan Keamanan Laut Republik Indonesia dan Penjaga Pantai Vietnam, ditandatangani oleh Kepala Badan Keamanan laut Republik Indonesia Laksamana Madya TNI Arie Soedewo dan Komandan Penjaga Pantai Vietnam Letnan Jenderal Nguyen Quang Dam

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangan pers bersama dengan Sekjen Partai Republik Sosialis Vietnam Nguyen Phu Trong mengatakan, Vietnam adalah salah satu mitra strategis Indonesia sejak tahun 2013. Indonesia dan Vietnam juga disatukan dalam ASEAN, dan Vietnam saat ini menjadi Ketua APEC, dan akan menjadi tuan rumah KTT APEC bulan November nanti. Talombonews.com | Talombo

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan